Kenapa Malas Naik Angkutan Umum???


Bayangkan kita sedang terjebak di jalanan macet. Panas, pusing, polusi dimana-mana. Kendaraan bermotor memenuhi jalan raya. tidak ada celah untuk bergerak.Bernafas pun jadi susah karena asap buangan kendaraan bermotor seakan telah menguasai udara sekitar kita. Mau maju nggak bisa, mundur apalagi. Entah hanya perasaan saya atau memang ini kenyataan. Saya rasa jumlah pengendara kendaraan pribadi bermotor semakin banyak tiap harinya. Apa lagi sekarang banyak anak sekolah yang menggunakan lebih memilih menggunakan motor daripada angkutan umum. Semakin banyak kendaraan pribadi digunakan, semakin tinggi sumbangsih kita dalam menambah polusi udara. Kalau jaraknya dekat, Kenapa nggak naik angkutan umum aja? Apa sih yang bikin kita males naik angkot…? kira-kira ini alasannya:

ANGKOT ITU PANAS…..
Yaiyalah panas, lha wong nggak ada AC nya. Lagian tarif angkot kan murah. Apa yang kita bayar sebanding dengan fasilitas yang kita dapatkan. Kalau mau adem ya naik taxi aja, atau naik becak aja deh. Kan adem juga kena angin sepoi-sepoi :mrgreen:

ANGKOT ITU JALANNYA NGAWUR…
Angkot memang terrkenal dengan kebiasaan Serobot sana-sini, ngebut sembarangan, parkir seenaknya, berhenti di tempat yang tidak seharusnya. Tapi engga semua supir angkot punya tabiat seperti itu, ada juga yang sopan berkendara. Yaah, namanya juga manusia. Banyak ragamnya. Tiap hari driver angkot berpacu dengan yang namanya “kejar setoran”. Ini salah satu penyebab para driver angkot serobot sana sini dijalanan. Demi mengejar setoran. Belum lagi kalau musim liburan sekolah seperti ini pasti makin susah cari penumpang. Biasanya pengendara kendaraan pribadi akan kesal dengan tabiat supir angkot yang seperti ini, tapi cobalah mengalah. Mereka itu kan ngejar setoran, sedangkan kita tidak. Jadi lebih baik beri kesempatan pada mobil angkot untuk melaju mendahului kita.

OVERCROWDED CAR…
Pak supir angkot pasti akan berkata, “TUJUH EMPAT! TUJUH EMPAT!” yang artinya 7 orang bisa duduk di sisi kanan, dan 4 orang bisa duduk di sisi kiri. Normalnya, sekali muat mobil angkot mampu menampung +- 13 orang penumpang; 11 orang di kursi belakang, dan 2 orang duduk di samping pak supir. Tapi nggak jarang juga pak supir angkot memaksa kapasitas penumpang lebih dari itu. Dengan cara nambahin bangku sheet (ilustrasi box warna merah) di dalam dan di luar menghadap pintu. Nggak jarang juga ada yang bergelantungan di depan pintu. INI KAN BAHAYAAA. Angkot yang sempit jadi semakin sempit deh :( . Jadinya para penumpang di jejalkan layaknya barang-barang. Kambing aja nggak mau dijejalin, lha ini malah manusia dijejalkan dipaksa memenuhi angkot. Sekali lagi, hal ini dilakukan untuk mencapai target setoran mungkin …

Apa semua angkot seperti ini? Hmm, tidak juga sih. Tergantung supir angkotnya juga. Angkot overload kayak gini, membahayakan nggak ya???saya pribadi sih belum pernah menemui kejadian kecelakaan angkot disebabkan overload penumpang . tapi, please pak ! jangan maksa menuhin tempat kalau memang nggak muat  :(

AROMA THERAPHY KHAS ANGKOT…
Sudah tertulis jelas ada stiker DILARANG MEROKOK ditempel di pintu angkot. Tapi tetap saja ada penumpang yang ngerokok di dalamnya. Sadarkah anda? Kalau asap rokok yang anda hasilkan mengandung 3x lipat bahan pemicu kanker diudara, dan suatu tempat yang dipenuhi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada terjebak polusi di jalan raya yang macet… mau protes juga nggak enak, apa lagi kalo yang merokok itu pak supirnya sendiri. Ckckck.

Yang menarik, terkadang di dalam angkot dapat terjadi interaksi sosial antara sesama penumpang dengan berbagai latar belakang. Ada pelajar, mahasiswa, ibu-ibu yang mau ke pasar, karyawan, pengamen. Pernah saya satu angkot dengan seorang ibu-ibu, beliau bercerita kepada saya dan (walaupun kami nggak saling kenal) orang disebelah saya tentang pengalaman beliau 2X kecopetan waktu naik angkot. Modusnya bermacam-macam. Si Ibu bilang beliau seperti kena hipnotis, sampai akhirnya beliau menyerahkan semua uang hasil dagang selama seminggu. Ludes semua uang hasil kerja keras beliau. Dua kali ibu ini kena copet di dalam angkot. Ibu itu bilang, kalau misalnya ada yang tiba-tiba mukul pundak kamu, kamu pukul balik aja. Kalo engga’, kamu bisa kena “gendam”. Soalnya hipnotis itu akan berhasil pada orang yang pikirannya sedang kosong, atau bisa juga pada saat orang itu menepuk pundak kita, lalu kaget. Maka ada jeda waktu sekitar sepersekian detik dimana pikiran kita akan kosong. Dan disaat itulah para pelaku mulai melancarkan aksi menghipnotis alam bawah sadar kita.

Ya, alasan diatas sengaja saya kumpulkan dari pengalaman pribadi sekaligus pendapat teman-teman saya mengenai angkot. Dan karena alasan itu juga yang bikin males naik angkot. Mungkin jika sarana angkutan umum dapat diperbaiki sehingga bisa memberikan rasa nyaman dan aman bagi para pengguna, masyarakat jadi tidak ragu lagi untuk lebih memilih angkutan umum daripada kendaraan pribadi. Karena dengan begitu polusi di jalanan dapat dikurangi dan menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi kesehatan.
Karena dengan menggunakan angkutan umum kita dinilai sudah berpartisipasi dalam mengurangi polusi udara dari asap kendaraan bermotor, mengurangi macetnya jalan raya.

Hmmm kapan ya angkutan umum di Indonesia bisa jadi alat transportasi yang nyaman?

27 thoughts on “Kenapa Malas Naik Angkutan Umum???

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Itulah realita angkutan umum kita. Padahal jika angkutan umumnya enak dan nyaman saya yakin akan banyak penggunakan kendaraan pribadi yang beralih menggunakan angkutan umum.
    Artinya, mengurangi kemacetan dan polusi udara!

  2. Bner bget ea. . Hehehe. . Alhamdulillah, q mash bsa brpengaruh untk bumi ne(walo tk sbrapa) cz tiap hari k skul naek angkot. . Hehehe. . .untgna kota.q jga bkan kota bsar. .jd g pnah macet, (walopun trkadang angkotnya yg macet) hihihi

    eh. . .numpang promo nie. .. . .q mhon dgan sangat amat, tlog kunjungan balik dan dukungannya, cz blog.q lagi mengikuti lomba, mhon komen, di update.an terbru.q n komen sesuai topik.na. . .please

  3. yaa begitulah kehidupan di negara ini, mobil umum yang sepatutnya tidak layak jalan dipaksakan, himbauan2 yang ada di langgar, apalagi yang namanya peraturan2 cuma namanya aja peraturan tetap aja di cuekin. karena keterpaksaan mau ga mau yaa diterima ja Mbak naik angkot.

    semoga sukses selalu n tetap semangat

  4. masalahnya angkot tuh kalau di jogja terbatas banget jam edarnya- di jalan magelang yang masih di dalam ringroad angkotan jam lima dah pada bubar… kalau kemaleman trus harus pakai taksi ya harus mikir lah.. hehe..

    harunya transportasi umum itu kan tugas pemerintah ya untuk menyelenggaraknanya, tapi mereka sepertinya cuek ya..

    sekali lagi kita2 lah yang di nomor sekiankan…

    Salam kenal…. :-)

  5. tapi naek kendaraan umum salah satu bagian dari kampanye anti global warming..
    Lagian, itulah seninya angkot di Indonesia. Haha.. Dinikmati aja sembari berharap terus ada perbaikan.. I love angkutan umum, klo naik angkutan umum bisa ketemu bnyak jenis kelompok masyarakat.. :)

    semangatt

  6. itulah realita yg ada dlm transportasi umum di negara kita.
    Kalau saja, angkutan umumnya , baik bis maupun kereta, nyaman dan aman, juga tertib, tentu saja , semua orang akan dgn senang hati naik kendaraan umum ketimbang bawa kendaraan pribadi.
    contoh dr negera tetangga yg sangat tertib, aman, nyaman dan bersih, entah kapan bisa diterapkan di negeri ini :(
    salam

  7. Kalau dijogja ada yang namanya Transjogja, adem karena pake AC dan sopirnya pun g ugal-ugalan. Cuma ga bisa seenaknya naik dan turunnya. Turun dan naiknya harus di shelter.

  8. saya justru senang naik angkot…suasananya terasa lebih intim, penumpang duduk berhadap-hadapan (nggak kaya di bus). ada banyak cerita di sana yg bisa kita lihat, potret manusia…pegawai pulang kantor, pedagang mau ke pasar, anak berangkat sekolah, tukang hipnotis cari mangsa…bisa banyak belajar tentang perilaku manusia di sana…

  9. first visit.. suka nama blognya.. aurora ^_^

    hum.. yg paing penting sih, bis jah dari copet.. sebel kan klo ga salah apa2 tapi malah jadi korban.. :(

  10. sjak py motor ak tdk lg naek angkot, spy tdk naek angkot lg ak akn brusaha py mobil scepatny ehehe tlg doain :)

    angkot it lama brdebu tp utk lburan mlht jln2 ato ksempatn bisnis blhg juga

  11. Aq yang g suka asap rokoknya dan copetnya. Soalnya pernah sih kecopetan di angkot pas masih SMA (sekarang da tua dong he…he…). Pemerintah seharusnya meningkatkan pelayanan transportasi umum yang nyaman ( bersih, tidak berdesakan, jalurnya cepat dan yang paling penting murah). Selain itu juga harus dibatasi penjualan kendaraan pribadi tiap periodenya oleh produsen yang dapat mengurangi jumlah kendaraan di jalan raya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s