Pasar Buah ..


Sekitar akhir februari 2009 kemaren, saya sempat mengikuti pelatihan trainer di organisasi. Saya jadi teringat dengan salah satu slide video presentasi yang isinya menarik bagi saya dan peserta lain waktu itu.

Video presentasi itu mengenai filosofi tanaman yang bisa kita ambil ilmunya

isi presentasinya seperti ini:
“pasar buah ”
by soegali
dedicated for REMAS RI

JADILAH SEPERTI. . . .

jadilah jagung, jangan jambu monyet………
jagung membungkus bijinya yang banyak
sedangkan jambu monyet memamerkan bijinya yang cuma satu-satunya…..
jangann pamer…. kecuali kalo lagi pameran😀

jadilah duren,
jangan kedondong….
duren, alaupun luarnya penuh kulit yang tajam,
tetapi dalamnya lembut dan manis
beda dengan kedondong yang kulitnya halus, tapi dalemnya berduri dan asem😀

jadilah seperti Bengkoang,
walaupun hidup di bawah timbunan kompos
tetapi buahnya tetap putih bersinar,

jagalah hati, meski tinggal di lingkungan yg “kotor”

jadilah seperti padi,
semakin tua semakin berisi semakin merunduk, tapi awas ada wereng (-_^)😀

jadilah seperti Cabe,
makin tua makin pedes. . .
semakin bertambah usia,semakin bijak

jadilah pohon kelapa,
sudah terkenal dengan fungsinya yang serbaguna dan tidak bisa dimanipulasi (maksudnya gak bisa di stek)😀

kira-kira itu isi presentasinya. Dan masih banyak lagi pelajaran yang bisa kita ambil dari fenomena alam. . .

semoga bermanfaat 🙂

28 thoughts on “Pasar Buah ..

  1. kidungjingga

    hmm… ada pasar buah nih…. bikin sup buah yuk… tapi ga pake padi ya…?? padi-nya suruh ‘ngamen’ aja.. heheh..

    Reply
  2. kawanlama95

    liat lah padi semakin matang semakin merunduk. ya memang setiap apa yang kita lihat selalu bisa menjadi hikmah buat kita itu tergantung buat kita yang bisa memaknai itu semua. selamat sore ya

    Reply
  3. batjoe

    wah kok buah2an bisa jadi bermakna ya…
    wah mau ambil buah apa ya… yang pasti jangan buah bibir ( tukang gosip!!!) hahahaaaa
    salam kenal dari http://batjoe wordpress.com dan sudilah mampir kegubuk saya yang masih dibagun dan terima kasih

    Reply
  4. aNGga Labyrinth™

    Hmm… kasian jambu monyet sama kedondong, di salahin

    walaupun memamerkan bijinya yang hanya satu2nya, kulit biji jambu monyet dapat menghasilkan minyak laka (apa ya istilah modern ny?) yang dijadikan pelumas pesawat luar angkasa loh kk, hebat kan?😀

    salam kenal🙂

    Reply
  5. javanese

    cukup dangkal kalau hanya membicarakan biji yang sebuah….
    sementara yang lain bijinya banyak……
    kuantitas saja tidak cukup,
    pasti ada alasannya biji jambu m top monyet berada diluar menahan dingin dan panas.

    Reply
  6. Anla

    Javanese-
    memang bisa dilihat dari berbagai sisi yang berbeda…🙂

    omiyan-
    alam mengikuti hukum aksi-reaksi
    kalau tidak ada aksi dari manusia, maka alam tidak akan memberi reaksi…
    Ngambek pasti gara2 manusia juga🙂

    salam kenal. . .

    Reply
  7. elmoudy

    kayaknya itu enak buat di juss deh.. hehee
    btw inspirasinya emamng wektu abis dari pasar buah yaa

    coba kalo dari pasar hewan… gimana ngungkapinnya. heheee :p

    Reply
    1. Anla

      Bukan dari pasar buah, tapi itu isi materi yang aku dapat wkt aq ikud pelatihan trainer,
      entah yg bikin presentasi wkt it dpt inspirasi dari mana😀
      salam kenal ya. . .

      Reply
  8. Hamster Copo

    Waah kata-kata yang bisa diambil ‘isi’-nya..aku suka yang “jadilah duren meski tajam luar tapi begitu manis dalamnya,,jangan seperti kedondong huaseeeem” hehehe

    Salam kenal dan salam silaturahmi

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s