Pesta Bandeng 2009


bandeng1-elanguages.org

welcome to pesta BloggerBandeng 2009.

bukan hanya blogger saja lho yang punya pesta, tapi bandeng juga punya pestanya sendiri.

”loh, apa maksudnya?”

salah satu tradisi masyarakan Gresik di penghujung Bulan Ramadhan adalah mengadakan pesta rakyat; satu diantaranya yaitu Pasar Bandeng. Pasar bandeng ini hanya diadakan satu tahun sekali setiap malam 28-29 pada penghujung bulan Ramadhan.

”apanya yang menarik dari pasar bandeng? tiap hari di pasar tradisional juga dijual ikan bandeng kan?”

ikan Bandeng yang dijual di Pasar Bandeng ini Berbeda dari Bandeng yang di jual di pasar tradisional di hari-hari biasa. sekitar lebih dari 200 pedagang ikan bandeng membuka stan di sepanjang Jl. Samanhudi, Gresik. Dan yang jelas, Bandeng yang dijual juga Bukan Bandeng Biasa, dengan ukuran dan berat yang luar biasa pula. mulai dari bandeng kecil dengan berat 1kg hingga bandeng-bandeng berukuran raksasa antara 7kg hingga 15 kg. WOW! Bandeng sebesar itu memang khusus dipelihara oleh petani tambak untuk acara tradisi tahunan ini, bahkan dari bandeng-bandeng jumbo itu ada yang sampai berusia tahunan. Bandeng-bandeng ini diadatangkan langung dari seluruh penjuru pertambakan kota Gresik. mulai dari Kecamatan Manyar, Kecamatan Bungah, Kecamatan Ujungpangkah, Sidayu dan Panceng. Serta Kecamatan Tambak dan Kecamatan Sangkapura yang berada di Pulau Bawean.

acara lelang bandeng 2008

acara lelang bandeng 2008

untuk Bandeng dengan ukuran raksasa akan diiku

tkan dalam acara lelang. Bandeng yang terjual di acara Lelang tersebut laku terjual hingga puluhan juta Rupiah. Misalnya saja seperti yang diliput oleh Jawapos tahun 2008 lalu saja, dalam lelang bandeng di depan kompleks pertokoan Multi Sarana Plaza (MSP) di Jl Gubernur Suryo september 2008 itu, panitia lelang berhasil meraup Rp 79,5 juta.

Uang puluhan juta tersebut hasil melelang tujuh ekor ikan bandeng. Ukuran terbesar 15,38 kilogram dan terkecil 7,80 kilogram. Bandeng terbesar laku Rp 15 juta, setinggi 100 sentimeter dengan lingkar badan 45 sentimeter. Bandeng seberat 7,80 kilogram laku seharga Rp 10 juta.

Acara pasar bandeng ini sudah menjadi tradisi masyarakat Gresik di penghujung bulan ramadhan. entah sejak kapan tradisi ini lahir, tidak ada yang tahu pasti.

sumber gambar:

jawapos.com

karleb2

untuk Bandeng dengan ukuran raksasa akan diikutkan dalam acara lelang. Bandeng yang terjual di acara Lelang tersebut laku terjual hingga puluhan juta Rupiah. Misalnya saja seperti yang diliput oleh Jawapos tahun 2008 lalu saja, dalam lelang bandeng di depan kompleks pertokoan Multi Sarana Plaza (MSP) di Jl Gubernur Suryo september 2008 itu, panitia lelang berhasil meraup Rp 79,5 juta.

Uang puluhan juta tersebut hasil melelang tujuh ekor ikan bandeng. Ukuran terbesar 15,38 kilogram dan terkecil 7,80 kilogram. Bandeng terbesar laku Rp 15 juta, setinggi 100 sentimeter dengan lingkar badan 45 sentimeter. Bandeng seberat 7,80 kilogram laku seharga Rp 10 juta.

67 thoughts on “Pesta Bandeng 2009

  1. haciiiiiiiiii

    Maaf saja takkan cukup untuk semua yang telah terjadi, namun aku hanya bisa memberikan seikat penyesalan dan sebuket maaf untukmu…Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqobalallahu minnaa wa minkum Shiyamanaa wa shiyamakum Minal ‘aidin wal faizin, Mohon maaf lahir dan batin🙂

    Reply
  2. Hamster Copo

    busyeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet..berat banget tuuh bandeng,,heem kayaknya bisa dimakan satu kampung tuuh??hehehe jiiaaah masih ada yang hebohan lagi niih,duitnya banyak banget tuuh bisa beli motro baru tuuh hehehe

    oia..alamat email mbak sudah aku add mohon di approve yaa

    Selamat hari idul fitri 1 syawal 1430 hijriyah..minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin

    Reply
  3. kawanlama95

    wah kalo punya satu ajah kita jual ajah biar banyak duit

    Dimalam dingin yang merabah pagi aku ingin katakan kepadamu sahabat yang kucintai
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin
    “Taqabbalallahu minnaa wa minkum. Taqabbalallahu yaa kariim. Waja’alnallah. Wa iyyakum minal ‘aidiin wal faa iziin..
    Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Dan Batin”

    Amir azzam

    =================================================

    Ditunggu kedatangannya untuk silahturahim

    Reply
  4. Hariez

    malem An…haduhh..kayanya enak nih makan ketupat pake bandeng ya An..jadi ngiler neh:mrgreen: dan wow..bandeng ukuran sebesar itu kira-kira di masak apa di pelihara ya An ? mana harganya bisa sampe jutaan gituh ya, bisa dapet bandeng biasa berapa kilo yaww..???😀 dannnnn…ga bosen aku mau ngucapin minal aidin wal faidzin ya An..mohon maaf lahir bathin

    -salam- ^_^

    Reply
    1. Anla

      Bandeng segedhe itu biasanya yang beli pak bupati, trus dimakan bareng2 waktu lebaran. Pasti KENYAAAANG. . .
      :green:
      Maap lahir batin juga. . . .

      Reply
  5. andif

    wahh bandengnya segede gaban gitu.. betapa kaya laut Indonesia ini
    Selamat Hari raya lebaran 1430H
    Taqabalallahu minna wa minkum
    Mohon maaf lahir dan bathin

    Reply
  6. kawanlama95

    Di pagi ini aku ingin katakan kepadamu sahabat yang kucintai
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin
    “Taqabbalallahu minnaa wa minkum. Taqabbalallahu yaa kariim. Waja’alnallah. Wa iyyakum minal ‘aidiin wal faa iziin..
    Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Dan Batin”

    Amir azzam

    Reply
  7. sugeng

    Tali benang di gae kloso
    moleh nang jowo numpak sepur argopuro
    pirang-pirang taon aku nduwe duso
    mumpung rioyo aku njaluk rondo sepuro😆
    Taqobballahuminna waminkum taqobal ya kariem…….

    Reply
  8. zipoer7

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430H
    Bila singgah tak berizin,
    Bila Komen tak berkenan
    Sudilah dihari yang Fitri
    Dalam meraih sosok yang suci
    ..
    ..
    ..
    ..
    ..
    kembali NOL ya

    Reply
  9. muamdisini

    nyam-nyam ikan bandeng sebesar itu, bagaimana caranya dibuat bandeng pressto yah?…
    bisa dimakan untuk satu RT..hehehehe….

    ups, atas segala komen yang tidak berkenan…
    atas segala khilaf yang terselip dalam posting…
    mohon maaf lahir dan batin kuucapkan tulus dari hati yang terdalam…
    semoga tali silaturrahim tetap terjaga…

    Reply
  10. alamendah

    Untuk lisan yang mungkin telah salah berucap, Untuk janji yang belum dan tidak bisa ditepati. Untuk prasangka yang kadang timbul dihati. Untuk komentar yang kurang berkenan, yang ungkin pernah saya berikan, dengan setulus hati, saya mohon di maafkan lahir batin. Saya dan Alamendah’s Blog mengucapkan, Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1430 H

    Reply
  11. andipeace

    sebelumnya minal aidzin walfa’idzin mohon maaf lahir dan batin.
    bemer banget apa yang anda katakan.
    soalnya kemarin saya dan family menyempatkan diri jalan – jalan kesitu dengan tujuan belanja bandeng dan sedikit mencari info tentang acara ini pada warga setempat.

    salam hangat

    Reply
  12. KangBoed

    Sebulan sudah kita jalani Ramadhan bersama
    Malam penghujung hari yang indah ini
    Genderang Perang sudah di tabuh.
    Pekik Kemenangan dikumandangkan
    Alunan Nada Pengagungan dinyanyikan
    Suara Riang Gembira berkeliling kota
    Ramadhan dengan segala perniknya telah kita lewati bersama
    “Demi Masa sesungguhnya manusia itu merugi”
    Mudah mudahan Jerit kemenangan ada dalam diri kita semua
    Sebab tiadalah semua ini kecuali kembali kepada Fitrah Diri
    Mari bersama kita saling mensucikan diri menuju Illahi Robby
    Membersihkan diri melangkah menemukan diri sebenar diri
    Mulai menghampiri DIA tulus ikhlas karena CINTA
    Meraih keselarasan diri dalam Ketenangan Jiwa
    Bebenah dan jadikan momentum kemenangan ini
    Menjadi Manusia seutuhnya meliputi lahir bathin
    Dahulu datang putih suci bersih
    Mudah mudahan kembali suci putih bersih
    Tiada kata yang terungkap lagi
    Mari kita bersama menyambut hari yang FITRI
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Dari :
    ” Kang Boed Sekeluarga “
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabat Sahabatkuku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

    Reply
  13. KangBoed

    HADIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRRRRRRR..
    Menyapa sahabatku chayank..
    MAAF..
    kok PESTAnya belum berhenti yaaaaak.. nanti kekenyangan yaaak..

    salam sayang

    Reply
  14. KangBoed

    “Demi Masa sesungguhnya manusia itu merugi”

    Sebab tiadalah semua ini kecuali kembali kepada Fitrah Diri
    Mari bersama kita saling mensucikan diri menuju Illahi Robby
    Membersihkan diri melangkah menemukan diri sebenar diri
    Mulai menghampiri DIA tulus ikhlas karena CINTA
    Meraih keselarasan diri dalam Ketenangan Jiwa
    Menjadi Manusia seutuhnya meliputi lahir bathin
    Dahulu datang putih suci bersih
    Mudah mudahan kembali suci putih bersih

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabat Sahabatkuku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

    Reply
  15. kidungjingga

    wuiiihh… gede banget bandengnya an… dibikin bandeng presto dimakan ga abis2 tuhhhh…

    eh ya… maaf lahir bathin ya.. maafkan telat..

    Reply
  16. batjoe

    keren mas cuma baju aja yang jadi festival ternyta bandengpun di pesataiin….
    salam persahabatan ya anla….
    salam buat jilbabnya.. cantik…

    Reply
  17. plentiswae

    memang itulah tradisi pesisir, saya sudah pernah merasakannya ( soalnya istri orang pesisir ). kalau bisa di patenkan biar tidak diakui negri tetangga ….. he he he😀

    Reply
  18. hanif

    Acara ini menggambarkan bahwa potensi laut kita masih banyak yang belum tergali…padahal dengan itu mungkin para nelayan dan rakyat kita bisa memperoleh kehidupan yang baik

    Reply
  19. AloNg CaPR

    Assalamualaikum. Waah..sangat seronok tengok ikan Bandeng ni. Begitu banyak. Kalau di Malaysia saya lupa namanya..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s