Sensus Pendatang Baru?


Surabaya timur, 23 September 2010

Sekitar ba’da isya ada sekelompok bapak-bapak dan polisi berkostum hijau mendatangi rumah kost kami. Spontan Saya kaget! Awalnya saya pikir bapak-bapak itu mau merazia sepeda motor, atau kalau tidak ya razia narkoba lah. Saya ya tenang-tenag saja lha wong saya bebas dari narkoba dan juga saya bukan pencuri sepeda motor😀

Eh, ternyata dugaan saya salah. Waktu itu kebetulan sekali saya mau keluar buat nge-print tugas. Sebelum keluar gerbang kost ditegur sama bapak-bapak baju hijau tadi,

bapak baju ij0, “mau kemana mbak? Mbak bawa KTP”

Saya,iya pak, saya bawa (tanpa curiga saya keluarkan KTP dari dompet). Ini pak”

Bapak baju ijo(BJI),” asli Gresik ya mbak?”

Saya, “iya pak”

BJI,” sudah berapa lama nge-kost disini?”

Saya,”baru aja pak. Saya kan maba. Baru 2 bulan”

BJI,”gini mbak, kami dari pemerintah kota sedang mengadakan survey penduduk di surabaya. Tujuannya untuk mendata pendatang baru di surabaya ini mbak”

Saya,” tujuannya untuk apa pak?”

BJI,” ya untuk survey mbak, survey pendatang baru. Kan ini habis lebaran”

Saya,” oh, yang seperti di jakarta itu kah?”

BJI,”iya mbak, betul”

Saya,”peraturan baru ya, pak?koq saya nggak tau?trus KTP saya mau diapain???”

BJI,” KTP mbak sama yang lainnya ini mau saya bawa dulu sampai mbak nanti bikin surat keterangan tinggal sementara di surabaya. Caranya mbak nanti bikin surat pengantar di RT,RW, trus mbak bawa surat pengantar itu ke kecamatan.”

Saya,” trus kapan KTP saya dikembalikan? Kalau saya butuh gimana?

BJI,”kan nanti tanggal 4 mbak ke kecamatan buat ngurus surat tinggal, nah itu nanti KTP mbak dikembalikan”

Saya,” wahhh! Saya sibuk pak! Hari senin itu saya ada kuliah dari pagi sampai soree. Dari jam tujuh sampai jam lima soree! Trus saya ngurusnya gimana donk pak?masa ga ada tenggang waktu? Kan ini mendadak juga bapak ngasih taunya??”

BJI,” harus tanggal 4 mbak! Kalo nggak gitu ntar disuruh ke pengadilan”

*seremm! Masa tiba-tiba saya disuruh ke pengadilan kalo telat? Kalo di pengadilan ada makelar kasus gimana??? Hwaaah! Piye ikii 😦 *

Saya,”ngurusnya itu BAYAR ga pak?

BJI,”wahh saya NGGAK TAU MBAK!”

*disini saya mulai bingung. Saya di surabaya kan tujuannya jelas untuk kuliah. Sudah ada KTM (kartu tanda mahasiswa) lha trus kenapamasih disuruh bikin surat keterangan tinggal sementara???? Kan sudah jelas saya di sini mau kuliah pak.. Trus kenapa harus bayar? Koq bapaknya nggak tau pembayarannya itu berapa rupiah????? *

*males berdebat sama bapak baju ijo tadi, akhirnya saya tinggal aja bapak tadi. Dan KTP saya beserta anak 1 kost yang jumlahnya puluhan tadi disita!!!! *

Haduuuh, Help me GOD…

10 thoughts on “Sensus Pendatang Baru?

  1. Odie

    wah wah,,kalau tidak salah memang itu peraturannya disana. di Pontianak juga kadang kadang gitu ndok, kalau tidak salah saya, ngurusin KTS itu ada bayarannya, tapi nggak gede, gak nyampe 25ribu, hh,,,namanya juga cobaan to ndok,,,ndak gitu ya ndak tau..🙂

    Reply
  2. ryuna

    ya ampuunn hahaha melasee kowe ndukkk wkwkwkwk *puk2*

    aku jg ketar ketir ni, di jakarta jg mau ada oprasi kyk begituan.. soale KTPku masih KTP lampung, blm ngurus2 update-annyaa ahhahaa semogaa Allah melindungikuuu dari raziaaa *berdoa*

    Reply
  3. z4nx

    ribet juga ya..kalo yang kuliah mestinya ada kerjasama antar kampus dan pemerintah..
    dari kasus gini, keliatan kurangnya motivasi melayani rakyat

    Reply
  4. Asop

    Wah wah, harusnya untuk mahasiswa cukup dengan KTM aja. Tapi, sebagai mahasiswa perantauan, harusnya lapor ke RT dong. Sudahkah?🙂
    Kalo udah, harusnya data2 pendatang baru ada di RT atau RW. Jadi wajar aja.:mrgreen:
    Saya setuju aja dengan operasi ini, supaya semua penduduk terdata.😉

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s