Tertarik Karena…


reading

image from: Google

Sambil nunggu antrian panjang menghadap dosen wali untuk proses validasi FRS , mumpung ada waktu luang iseng saja nih saya bikin analisa. kira-kira hal apa yang bikin  pembaca betah berlama-lama tenggelam dalam tulisan kita, atau memutuskan “menghabiskan”  sebuah tulisan ?

Nah, dari pengalaman saya sebagai penulis pembaca, berikut adalah alasan yang menjadi point ketertarikan saya terhadap sebuah tulisan. berikut ini analisa dari perspektif saya sebagai pembaca

1. Emotional Touch

salah satu tujuan dari menulis adalah, untuk mengkomunikasikan pemikiran kepada orang lain. Ketika seorang penulis mampu membangun sebuah emotional touch dalam tulisannya, artinya ia telah berhasil membangun komunikasi dengan pembaca. Emotional touch menjadikan tulisan seperti punya nyawa, memberi daya tarik yang berkesan, dan tentu saja membuat pembaca betah berlama-lama tenggelam dalam gagasan penulis.

2. Humor Sense
Bercanda bisa bikin otak fresh. Sisipan humor pada sebuah tulisan akan memberi kesan segar dan menghibur. Tapi sayangnya tidak banyak penulis yang bisa “melucu” dalam tulisan. Sebuah tulisan tidak harus 100% berisi humor, sisipan humor diantara pembicaraan serius bisa jadi salah satu daya tarik tersendiri. Menurut saya, selera humor itu bakat alami.

3. Kritis dan Analitis

analisis dalam sebuah tulisan bisa menunjukkan seperti apa penulisnya. Pembaca bisa memperoleh banyak info dari jenis tulisan seperti ini. (dari banyak blog saya baca, hanya beberapa saja yang punya gaya ,menulis seperti ini) . Saya menyebut mereka penulis cerdas. cerdas karena mereka mampu membawa analisis (yang biasanya membosankan) ke dalam tulisan yang menarik dibaca orang. Banyak orang memiliki pemikiran cerdas, tapi tidak banyak yang bisa menuliskannya.gaya analitis dan kritis sering saya temui di kolom Opini surat kabar.

Bagi saya, menyenangkan bisa menyusuri jalan pemikiran orang. Kita bisa Membandingkan persepsi dan perspektif mereka dengan pemikiran kita. Penulis dengan gaya tulisan kritis dan analitis seolah memberi kita kesempatan menyusuri pemikiran mereka lebih dalam.

4. Inspiratif

sebuah tulisan disukai karena punya sisi inspiratif. Penulis mampu membuat pembaca tergugah motivasinya hanya dengan membaca rangkaian kalimat dalam paragraf.
Saya menyebutnya tulisan bijak.

“kita tidak bisa memberi sesuatu yang tidak kita miliki, seseorang yang mampu membuat tulisan bernilai inspiratif pasti punya pribadi yang inspiratif dalam kenyatannya” -kata saya-

5. Berisi tapi ringan

tentu saja tulisan disukai karena isinya. Tetapi tidak banyak orang bisa menuliskan “gagasan berisi” dengan gaya bahasa ringan.

***
ini sekedar catatan pemikiran saya. “Tidak ada nilai mutlak kebenaran suatu pendapat.”
kalau menurut kamu, tulisan yang menarik itu seperti apa sih ? ada yang mau nambahin?🙂

~AN~

11 thoughts on “Tertarik Karena…

  1. ais ariani

    gak, an.. aku gak nambahin..
    karena ke lima point di atas udah cukup komprehensif buat aku.
    karena, sekali nemu gaya penulisan yang ada 5 point di atas, aku langsung terpesona. karena biasanya, tulisan – tulisan yang memuat 5 point tersebut bikin nagih buat di baca🙂

    Reply
  2. Ahsan

    Sepertinya gaya penulisan saya nggak masuk kriteria nih😀

    Kalau menurut saya, gaya penulisan itu cerminan diri kita sendiri. Kalau kita suka humor, pasti di sela-sela tulisan ada humor. Kalau kita orangnya serius, pasti akan (agak) kesulitan jika disuruh nulis dengan gaya slengekan.

    CMIIW:mrgreen:

    Reply

Leave a Reply

