Why Are You Blogging ?


 

picture taken from blog.belajarsitti.com

Menulis belum jadi kegiatan yang populer. Banyak orang suka membaca tapi tidak semua pembaca suka menulis. all writers read, some readers write.

Beberapa teman melontarkan pertanyaan pada saya, “nda, kamu ngapain sih ngeblog? Buat apa sih nulis-nulis di tempat virtual gitu?”

Saya blogging karena saya ingin nulis. Saya nulis karena saya suka. Tapi blog lebih dari sekedar kegiatan tulis-menulis. Aktifitas blogging itu meliputi tiga hal; writing, reading, dan social  networking. Bagi saya, Blog lebih dari sekedar social network. Ia berbeda dengan media micro-blogging seperti; facebook, twitter, friendster, dankawankawannya. Memang sama-sama media apresiasi, tapi blog lebih hebat lagi.

Kalau saya menganggap blog seperti sebuah perusahaan penerbitan. Direkturnya saya, penulisnya juga saya, designer layout juga saya, manajernya lagi-lagi saya sendiri. Saya adalah pemilik dari media publikasi massa elektronik ini. Semua isi dari media ini menjadi tanggung jawab saya sebagai penulis sekaligus editor. Narsis banget ya :D  narsis diblog sendiri sah-sah saja, kok. Asal narsisnya bertanggung jawab lho ya..

***

Untuk perannya sebagai social network, blog bisa memperkenalkan kamu dengan banyak orang dari banyak kalangan. nggak cuma sekedar kenal, tapi kamu bisa tau siapa mereka. sesuatu yang tidak bisa kita dapatkan dari social network. misalnya saya kenal mba’ Nisa (mahasiswi FKM Unair) awal mulanya dari blog. Pernah ketemu secara langsung sekali, waktu saya test SNMPTN di UNAIR. Saya kenal mas Ata, seorang mantan chef yang beralih profesi menjadi petani sukses, (mas Septa, kapan-kapan kasi saya cabe gratis dari kebun ya😀 ). Trus saya kenal mbak Fitri, orang asli malang yang merantau ke jakarta. Mbak fitri sudah tidak aktif blogging, tapi mbak fitri dulu sering saya jadikan tempat sharing. Lumayan lah, konsultasi gratis:mrgreen: . Ada juga pak cantigi, orang yang ngomporin saya buat bikin blog di wordpress ini. (ayo mister, blognya di update lagi). Trus ada bang Odie, blogger dan juga atlet softball. Ada juga Pak HM Cahyo, salah seorang yang gemar memberi motifasi buat blogger lain untuk terus menulis melaui tulisannya baik itu di blog atau di catatan FB. Ada bang Didien, mba’ Rephi, mba’ Ika, mas Joe, Bunda don’tworry, mas Blue, mba’ ayaw, om Achoey, sang entrepreneur muda, mas alam sang pemerhati lingkungan, danmasihbanyaklagi. Dari blog juga saya bisa berinteraksi dengan senior saya dari SMA, seperti mas Dyo.

 

satu lagi, saya punya hobi baru; yaitu melacak blogger yang satu kampus dengan saya. Dan akhirnya saya dapatkan data-data mereka. Berikut ini beberapa blogger satu almamater dengan saya:

http://zizarfan.blogspot.com

http://kamuitubeda.wordpress.com

http://rifay.wordpress.com/

http://aksarayudha.blogspot.com/

http://tikawe.wordpress.com/

http://www.hifatlobrain.net/

http://thewavemaker.wordpress.com/

*saya belum kenal keseluruhan mereka, cuma sekedar liat-liat saja. padahal satu kampus tapi belum pernah ketemu. yang paling saya kenal cuma ziza, karena kebetulan satu angkatan sama saya😀 (kebangeten kalo satu angkatan nggak kenal). sayangnya, beberapa diantara list blog diatas sudah tidak aktif, maksud saya udah hampir tidak pernah diupdate.

 

***

Ada istilah begini; tell me what you read, and  I tell you what are you. Tapi kalau saya lebih suka bilang, “I read what you write, I know what are you.” Kita bisa menebak karakter orang dari cara dia menulis, apa yang ia tulis. Bahkan kita bisa tau apa yang  biasa ia baca dari isi tulisannya.

***

Serunya blogging, Kamu “bebas” mempublikasikan gagasan dan pemikiran kamu kapan pun. Jangan anggap remeh sebuah tulisan. Terkadang sebuah tulisan yang kita anggap sepele bisa menginspirasi banyak orang. pada dasarnya semua tulisan itu menarik, karena (menurut saya) sebuah ketertarikan itu relatif. Kita bebas nulis apa saja di blog, bebas yang bertanggung jawab. Karena blogger bertanggung jawab penuh akan apa yang ia tuliskan. *nah lo,! Hati-hati kalo nulis*

saya yakin banyak lagi benefit dari blog yang luput dari perhatian saya. kalau sampeyan mau nambahin, monggo …🙂

Blog tidak seperti facebook yang punya jargon,”mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat”. Blog is a place to share your idea, oppinion, activities. blogging=writing=sharing . Blogblogblogwritewritewrite

 

~AN~

*I’m blogging to write and share, how about you?

30 thoughts on “Why Are You Blogging ?

  1. AMYunus

    Wah, saya disebutin. Terima kasih😀
    Kalau saya ngeblog karena
    1. Saya ingin berbagi informasi. Ada kepuasan tersendiri ketika informasi yang kita berikan itu bermanfaat. Apalagi menginspirasi.
    2. Saya ingin membuat sebuah personal branding dengan tulisan-tulisan saya.
    3. Saya ingin melakukan sosial networking melalui media blog. Dengan adanya respon-respon di blog, saya jadi tahu orang-orang yang berpikiran sama dengan saya. Tentu bisa jadi suatu gerakan komunitas sendiri.😀

    Lah kenapa sampe sewa hosting segala? Kan bisa pake yang gratisan aja itu mah

    4. Karena saya ingin belajar bagaimana cara membuat website dengan hosting sendiri. Baik itu menggunakan platform WordPress, Joomla, atau Drupal. Dari situ saya mendapatkan wawasan tambahan dengan utak-atik ketiga platform tersebut.

    Tuh kan malah jadi ngeblog di tulisannya Arinda.:mrgreen:

    Reply
    1. anla arinda Post author

      waduh.. bahasanya anak sistem informasi😀
      “personal branding” secara harfiah maksudnya opo mas?

      makasih sudah ditambahin. Bikin komentar satu paragraf juga boleh ..:mrgreen:

      Reply
  2. Ahsan

    Wah, ada blog saya🙂

    Kalau saya sih sama, nge-blog karena ingin belajar nulis. Soalnya saya pernah punya pengalaman yang mengesankan ketika membaca tulisan-tulisan yang “mencerahkan”.😀

    Keep reading, keep writing, and keep blogging🙂

    Reply
  3. Arief Rakhman

    Why am I blogging?

    Sementara ini saya menulis tentang saya,
    Semacam mencari bentuk, curhat, dokumentasi kuliah, lomba blog (baru sekali), networking (dosen2 juga ada yg ngeblog), mencari resonansi ide, mencari inspirasi (banyak terpengaruh insight blogging ala romisatriawahono.net), sambung sapa teman lama dan jauh (selain via facebook), sekali-sekali berdakwah, photoblogging…

    wah.. mungkin kalo berkembang lagi saya membuka cabang2 baru blog, toko online, tutorial, review, …

    masih banyak yang belum kulakukan dg blogging..🙂

    Reply
  4. bahtiar

    Membandingkan antara pidato yang hebat dengan tulisan yang hebat, bila mereka disuruh bertahan hidup tanpa sesuap makan pun, maka sepertinya tulisan menjadi pemenang dari seleksi alam ini.

    Reply
    1. anla arinda Post author

      “Kau, Nak, paling sedikit kau harus bisa berteriak. Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapapun? Karena kau menulis, suara takan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh dikemudian hari. Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.” (Pramoedya Ananta Toer)
      **
      terima kasih kedatangannya sensei Bahtiar😀

      Reply
  5. Fahmi

    yg blog nya tikawe tu kan anak statistik 07.. masak sejurusan belom pernah ketemu..? hoho…
    kayana seru jg kalo ada club blogger di kampus ya.. ahaha.. tapi saya jarang nge blog…

    Reply
  6. Ikkyu_san

    aku ngeblog hanya untuk meninggalkan sejarah tertulis untuk bisa dikenang di saat tua, dan warisan kepada anak-anakku. Syukur-syukur kalau bisa jadi sumber informasi bagi yang baca. Social networking nya sih belakangan banget, karena aku ngga punya waktu sebanyak waktu single. Blogwalking pun jarang😦 Maafkan ya

    EM

    Reply
    1. anla arinda Post author

      saya juga jarang blogwalking mba’ .. hehe
      saya salut dengan mba’ imelda yang konsisten menulis ditengah kesibukan sebagai dosen daigaku dan ibu rumah tangga
      I’m your fans mbak😀

      Reply
  7. Pingback: A Words « Catatan Kaki

  8. Nisa

    blogsphere; sebuah dunia yang begitu unik untuk diselami ^^

    alhamdulillah ya rin, banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari ngeblog😉

    semoga barokah, amiin..

    Reply
  9. Pingback: Why I’m blogging and why you should too « Armanketigabelas

Leave a Reply

