Be Like Spongebob


Who lives in a pinnaple under the sea???


Kadang-kadang saya ingin menjadi spongebob squarepants. Makhluk laut yang hari-harinya dipenuhi dengan canda dan tawa. Spongebob sekilas tak lebih dari tokoh kartun kotakkocak  yang – bagi saya- cenderung over generalisir menyikapi keadaan sekelilingnya. Hal remeh temeh, bagi spongebob, bisa jadi extraordinary karena pola pikirnya yang out of the box. Keinginan konyol ingin menjadi seperti spongebob, bukan berarti saya juga menginginkan menjadi spongebob secara kasat mata; mengenakan celana kotak aneh, memiliki rumah nanas unik, berburu ubur-ubur di tanah lapang, atau bahkan menjadi koki kraby patty. Bukan itu, saya rasa.
Lantas, apa?

Kalau kita pernah buka buku setatistik, kita tentu kenal dengan dua macam hipotesa; yakni hipotesis nol (h0) dan hipotesis satu (h1). H0 merupakan hipotesis tanpa prasangka. Hipotesis nol menanamkan prasangka positif dalam sebuah analisis eksperimen. Sedangkan h1 sebaliknya menjadi tempat prasangka negatif. Saya belum pernah menemukan text book yang mendahulukan h1 dalam  berhipotesa, mendahulukan h0 sudah menjadi pakem yang tak dapat diganggu gugat. Mendahulukan H0 daripada H1 berarti mengedepankan pikiran positif.

Lantas, apa hubungannya dengan spongebob? Spongebob ini menerapkan h0 dalam hampir setiap situasi sehari-hari. Artinya, mengedepankan pemikiran positif sebelum negatif

Hasilnya? Silahkan lihat spongebob,

Terkadang saya heran, bagaimana bisa spongebob tahan hidup berdampingan dengan extraordinary tetangga macam squidward yang skeptis, narsis, dan egosentrisnya tinggi. Juga tetangga (sekaligus sahabat) macam patrick yang…. “terlalu polos” (menyebalkan).

[insyaAllah bersambung…]

10 thoughts on “Be Like Spongebob

  1. kharinblog

    dari kartun spongebob secara ga langsung kita dapet pelajaran, bahwa semua masalah yang datang harus selalu bisa dihadapi dengan tenang dan hadapi kehidupan ini dengan santai tapi tau waktu.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s