Sudah Cukup Beralasan?


Sudah terlalu banyak alasan saya lontarkan terkait dengan ihwal,”kenapa ndak ngeblog?”. Tapi… Mari kita pikirkan sama-sama. Kenapa selalu muncul pertanyaan kenapa? Memangnya kenapa harus bertanya?

Mungkin karena manusia selalu menuntut segala sesuatunya “beralasan”. Bahkan bukan sekedar alasan. Melainkan alasan tersebut harus memenuhi asumsi logis dan realistis.

Seperti halnya ketika saya membuka laptop sore ini. Lantas menyalakan koneksi internet, kemudian membuka dapur wordpress.

Iya, saya tau pekan ini masa-masa kritis dalam musim akademis saya sebagai mahasiswa Setatistik. Ada setumpuk kertas ujian penentu hidup mati IPK yang harus diselesaikan segera. Bukan sekedar “selesai”. Melainkan selesai dengan benar sehingga tidak mendholimi masa depan saya.

Lantas, pertanyaan susulan muncul. “sudah tau ujian kenapa malah buka blog?”. Saya tau untuk pertanyaan satu ini sama sekali tidak ada alasan yang memenuhi dua asumsi di atas (logis dan realistis). Saya tidak tau, kenapa harus buka blog di saat seperti ini.

“memang, apa ngeblog di saat ujian itu dosa?” teriak hati saya.

“Tidak dosa, dengan asumsi : meski kamu ngeblog, ujian kamu tidak terbengkalai. Tidak dosa, kalau blog tidak memalingkan kamu dari tanggung jawab moral lain,” kata nurani menengahi.

Kadang-kadang saya juga pingin ngeblog tanpa alasan. Nulis tanpa perlu ada ikatan 5 w 1 H dan ihwal batasan lain seperti yang tertera di buku-buku “jurnalistik sastra setatistik ilmiah.”

kali ini, saya benar-benar free blogging.

Dan hasilnya, menulis tanpa berusaha menaruh esensi benar-benar tidak enak.

~AN~

3 thoughts on “Sudah Cukup Beralasan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s