We Live in A Dangerous World


kita seperti orang pingsan, yang tak sadar ihwal hiruk-pikuk dunia sekitar. bahwa di luar sana, sedang menghadang ribuan marabahaya. bahaya ini lebih dari sekedar global warming yang mengancam perubahan iklim menjadi ekstrim. lebih dari kesadaran bahwa kita tengah hidup di tengah-tengah lingkaran cincin api; gunung berapi, gempa bumi, tsunami. ancaman dari alam memang berpotensi besar membuat manusia binasa.

pertanyaan susulan hadir. apa gerangan yang lebih mengancam dari sekedar marabahaya dari alam?
meteor?
badai matahari?
kemiskinan?
atau mungkin, perang saudara yang manjdaikan manusia membinasakan manusia lain? ya, semua entitas itu memang ancaman. hal ihwal yang membuat dunia menjadi tempat berbahaya untuk hidup. namun sesungguhnya, terdapat ancaman yang lebih besar.

kita sedang menghadapi ancaman yang lebih besar.

degradasi moral tengah terjadi mengiringi terkikisnya nilai-nilai luhur sebuah bangsa berperadaban. Agama mulai ditinggalkan, atau sekedar dijadikan ritual keseharian tanpa perlu lagi merasa butuh mengimplementasikan agama dalam segala aspek kehidupan.

manusia mengedepankan rasio, menganaktirikan nurani sebagai pengendali “liarnya” akal. manusia berspekulasi, menganggap ilmu pengetahuan sebagai tuhan. menjadikan materialisme sebagai jalan hidup yang seolah menjanjikan kesejahteraan hidup.

orang-orang mengagungkan kebebasan. seni adalah bebas, bebas adalah hak. tanpa peduli lagi bahwa sejatinya kebebasan tetap memiliki batas. bebas disalah artikan sebagai keleluasaan berekspresi tanpa perli peduli letak moral dan etika.

manusia diperdaya akal. manusia mengartikan bangsa beradab sebagai bangsa yang maju teknologinya. bebas masyarakatnya, bebas pemikirannya, sanggih ipteknya. tapi mana moralnya?kesadaran sebagai bentuk eksistensi makhluk berakal tengah terancam.

ancaman kerusakan lingkungan memang mengancam eksistensi manusia untuk hidup sehat di bumi. tapi, ada ancaman yang lebih berbahaya lagi…we live in a dangerous world.

3 thoughts on “We Live in A Dangerous World

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s