Menjamurnya Trend Rumah Minimalis


Sumber gambar: Forum rumah minimalis

Sumber gambar: Forum rumah minimalis

Di tengah kondisi keterbatasan lahan di perkotaan, sementara kebutuhan memiliki hunian meningkat menadi pemicu awal tingginya harga rumah di kawasan kota-kota besar. Kondisi ini disinyalir memunculkan trend rumah minimalis sebagai alternatif. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan rumah minimalis itu?

Ide dasar dari menjamurnya rumah minimalis adalah membangun sebuah rumah di atas  lahan yang relatif terbatas. Namun, meskipun demikian, lahan yang sempit ini nantinya akan dibangun sebuah rumah yang memenuhi kebutuhan dasar sebuah hunian tempat tinggal. Dengan demikian, Rumah minimalis memegang prinsip sederhana namun sangat fungsional baik dari sisi interior maupun eksterior rumah.

Prinsip sederhana namun fungsional inilah yang dijadikan patokan untuk membangun atau memilih rumah yang praktis, nyaman, aman namun disuguhkan dengan desain elegan. Kemudian, pertanyaan selanjutnya yang kerap kali muncul adalah, apa aja pertimbangan yang harus diperhatikan dalam membeli / memilih rumah minimalis?

Pertimbangan bisa meliputi beberapa hal berikut:

1. Berapakah uang yang tersedia?

Sebelum memilih, lakukan perbandingan harga. Sesuaikan dengan jumlah uang yang anda miliki. Misalnya anda memiliki uang yang sedikit lebih besar untuk membeli ruamh tipe 21, namun tidak cukup untuk membeli tipe 36, tahan dulu! lebih baik anda menabung sedikit lagi untuk mendapatkan rumah yang lebh luas. kalau, tidak, di masa depan anda bisa jadi menyesal karena lahan rumah tipe 21 sangat terbatas dan sulit untuk dikembangkan.renovasi.

2. Perhatikan desain calon rumah anda

Pastikan rumah yang akan anda beli memiliki  sistem sirkulasi udara dan cahaya ruangan yang bagus. Tentunya hal ini akan mempengaruhi kesehatan rumah sekaligus penghuninya. Percuma kalau anda mendapatkan rumah minimalis dengan harga murah, tapi ternyata tidak mendukung sirkulasi udara yang baik. Ujung-ujungnya akan membawa penyakit bagi penghuninya.

3. Lokasi Strategis

Ini tips dasar membeli rumah, namun akan bisa berpengaruh terhadap masa depan investasi rumah anda. Memilih rumah sebaiknya memperhatikan jarak terhadap akses transportasi publik, fasilitas publik, dan aman dari bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. jangan sampai membeli rumah yang susah dijangkau transportasi publik. meskipun si pemilik rumah sudah punya kendaraan pribadi, akan menjadi masalah bagi saudara atau kerabat yang hendak mengunjungi kita. Selain itu, rumah yang berada di daerah strategis akan menjadi investasi jangka panjang yang baik.

Dan terakhir, Mendapatkan rumah bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar memang tidak mudah. Butuh perjuangan untuk menabung, menyicil, untuk mewujudkan mimpi memiliki rumah idaman. Namun untuk sebuah rumah, ada yeng lebih penting daripada sekedar harga dan ukuran; yaitu kebersamaan dan kehangatan yang kita ciptakan di rumah tersebut.

Semoga Bermanfaat!

-ANL-

6 thoughts on “Menjamurnya Trend Rumah Minimalis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s