“Hello World” : Sambutan Setelah Sepuluh Tahun Blogging


pinus

Hello world! kata pembuka saat kita memulai blogging menggunakan wordpress. Yes, it have been ten years since my first post here, in blueaurora. Perkembangan saya tidak terlalu banyak selama kurun waktu tersebut. Tentunya diukur dengan jumlah tulisan yang terpublikasi masih kurang dari angka 100. 😦 betapa pemalasnya saya ini.

Dan lagi, blog ini ternyata lebih banyak didominasi oleh tulisan menye-menye jaman jahiliyah dahulu kala. hahaha, sangat tidak membanggakan. Ingin rasanya ku hapus saja semua tulisan itu saking malunya 😀

oh ya, selidik punya selidik, saya memulai blog ini dengan sekian jumlah teman dengan kegemaran sama (blogging). dan dalam sepuluh tahun terakhir, jumlah mereka kian berkurang. Tidak bisa dipungkiri, kekuatan micro blogging dari platform twitter, atau facebook di masa itu menjadi pemicunya.

Tapi tidak hanya itu.

sepuluh tahun terakhir ini juga, banyak berkembang platform blog lain yang lebih digemari. Misalnya, tumblr. Dari sisi user interface, tumblr lebih mudah digunakan, untuk pemula sekalipun. Tumblr ini menurut saya cukup sukses dalam memadukan konsep media sosial dan blog. satu tahun terakhir saya menjadi pengguna tumblr, sebelum akhirnya dia dibungkam paksa oleh pihak terkait 😦 rasanya sedih, seperti ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. hahaha

Well, kembali ke topik sepuluh tahun.

jika sepuluh tahun itu diibaratkan menanam pohon sedari masih dalam wujud benih, seharusnya pohon saya sudah menjadi pohon agak raksasa. Tapi nyatanya, pohon saya masih kecil, lantaran yang saya tanam adalah pohon toge 😀

 

 

 

 

1 thought on ““Hello World” : Sambutan Setelah Sepuluh Tahun Blogging

  1. morishige

    Abis menelantarkan blog beberapa waktu, saya shock juga sih mendapati banyak temen2 yang sudah memproteksi blognya, menghilang karena domain expired, atau udah bertahun-tahun nggak posting. Meskipun belum pernah tatap muka sama mereka, saya kayak ngerasa kehilangan teman lama. 😦

    Reply

Leave a comment